googled361ac1ddef9ad6a.ht PROPOSAL USAHA NUGRAHA SERVICE CENTER BENGKEL OTOMOTIF MITSUBISHI TRUCK

Saturday, January 13, 2018

PROPOSAL USAHA NUGRAHA SERVICE CENTER BENGKEL OTOMOTIF MITSUBISHI TRUCK





PROPOSAL USAHA
NUGRAHA SERVICE CENTER
BENGKEL OTOMOTIF
MITSUBISHI TRUCK

oleh :
Cecep Nugraha





EXUTIVE SUMMARY


Peluang usaha bengkel mobil khususnya truck di daerang gunung bentang padalarang sangatlah besar karena terdapatnya proyek penggalian pasir yang melibatkan banyak sekali kendaraan besar maupun kecil. Dan juga belum tersedianya bengkel khusus memungkinkan usaha bengkel ini berpeluang besar untukdi terima atau di butuhan
BAB I
PENDAHULUAN
1.1.   LATAR BELAKANG

           Makin hari penambahan populasi kendaraan Mobil di padalarang makin meningkat, khususnya di daerah gunung bentang. Peningkatan penjualan mobil ini menunjukkan indikasi daya beli masyarakat semakin membaik. Terutama di daerah ini ada proyek penggalian pasir dan banyak sekali kendaraan terutama truck. Kepadatan aktivitas di jalan menuntut kenyamanan untuk itu kendaraan yang dipakai harus selalu dalam keadaan baik. Agar kendaraan selalu dalam keadaan baik maka diperlukan perawatan dan service berkala bahkan diperlukan juga perbaikan-perbaikan bagian yang rusak, untuk itu sangat dibutuhkan jasa bengkel mobil. Kondisi seperti inilah yang harus kita akan manfaatkan sebagai peluang usaha. Usaha bengkel mobil memang menjanjikan, mengingat pengguna mobil semakin banyak jumlahnya. Hal ini terbukti dari meningkatnya produksi mobil pertahun. Kebutuhan service bagi mobil menjadi kebutuhan rutin yang harus dilakukan oleh penggunanya. Apalagi daerah-daerah gunung bentang yang notabennya adalah pemukiman penduduk. Dan proyek Pada daerah gunung bentang ini terdapat beberapa perumahan, perkampungan dan kavlingan yang cukup padat penduduknya, sebagian besar warga disana dan orang luar yang bekerja untuk proyek menggunakan mobil sebagai alat transportasi dan alat untuk bekerja. Dan jarak tempuh mereka ke kota cukup jauh, sehingga frekuensi perbaikan dan service mobilpun tinggi. Sedangkan didaerah itu baru ada sedikit bengkel mobil, diperkirakan untuk membangun 1 atau 2 bengkel mobil lagi masih sangat layak.

1.2.   Tujuan usaha
a.      Memanfaatkan peluang usaha dalam service ( perawatan ) mobil karena pesatnya penjualan dan pemakaian mobil di wilayah kami
b.      Mecari pelanggan untuk mempercayakan perawatan mobilnya kepada kami dengan pelayanan yang ramah agar pelanggan terpuaskan
c.       Membuka lapangan pekerjaan bagi orang lain
d.      Mengembangkan NUGRAHA SERVICE CENTER mencadi ada dimana mana
1.3.   Manfaat usaha
a.      Pribadi
Mendapat keuntungan yang besar dari usaha
b.      Masyarahkat
Masyarakat tidak jauh untuk melakukan service kendaraan

BAB II
ANALISIS SWOT

2.1. Analisis Potensi Iternal
Kekuatan :
a.      Tidak sewa tempat usaha dan lokasi sangat strategis
b.      CECEP NUGRAHA pendiri NUGRAHA SERVICE CENTER sudah berpengalaman mengotak-atik kendaraan,dia memiliki basic dan hobby tentang modifikasi dan service bengkel
c.       Mekanik yang berpengalaman dalam otomotif kendaraan dan dapat membaca management Bengkel
d.      Mengetahui seluk beluk permintaan pasar yang ada di daerah Kebakkramat Karanganyar JawaTengah dan sekitarnya
e.      Memperhatikan layanan service konsumen baik itu saat service maupun paska service
f.        Mempunya Teknik Promosi yang menarik
Kelemahan :
a.      Tidak memiliki modal
b.      Bengkel berskala kecil hanya mampu 2 unit mobil pada waktu service bersamaan
c.       System pengadaan dan penjualan sperpart masih kerjasama dengan toko tetangga

2.2.Analisis Potensi Ekternal
Kesempatan:
a.      Sekitar lokasi baru ada 1bengkel dan tidak ada dealer resmi
b.      Adanya proyek penggalian pasir yang menggunakan banyak mobil
c.       Memuaskan pelanggan sebelum perawatan hingga purna perawatan
d.      Banyaknya kebutuhan masyarakat untuk perawatan mobil
e.      Keinginan orang supaya mobi tetap terjaga kenyamanan dan performanya
f.        Maksimal  ada 1 unit mobil dalam satu rumah
g.      Belum ada bengkel yang menggunakan promosi kami
h.      Belum ada bengkel yang lengkap, mekanik terlatih dan melayani segala jenis pabrikan mobil
i.        Belum ada bengkel dengan biaya terjangkau

Ancaman :
a.      Adanya 1 bengkel yang sudah lama berdiri
b.      Dealer semakin menjamur
c.       Banyaknya produk competitor yang menawarkan manfaat sejenis bahkan lebih




BAB III
DESKRIPSI USAHA
3.1. PRODUK/JASA
·         SPESIFIKASI
3.1.1.      Nama dan Lokasi Usaha
           Kami memberi nama usaha ini “ NUGRAHA SERVICE CENTER “ yang mana akan didaftarkan ke department industry dan perdagangan, dengan lokasi usaha kami dengan beralamatkan di Jl Gunung bentang rt 03 rw 23 desa jayamekar kec. padalarang

3.1.2.      Dasar Ide
           mobil pada dasarnya sarana transportasi yang ada disekeliling kita yang mana sekarang ini maksimal setiap rumah memiliki mobil sejumlah 1 unit. Atas dasar itu  kami memanfaatkan peluang tersebut untuk membuka sebuah bengkel mobil yang kami beri nama NUGRAHA SERVICE CENTER yang terpercaya untuk masyarakat dengan pendukung tempat strategis, bersih, mekanik terlatih dan pelayanan ramah agar pelanggan senang. Yang ada selama ini bengkel hanya menunggu pelanggan yang datang atau disebut dengan istilah menunggu bola tetapi NUGRAHA SERVICE CENTER tidak berlaku seperti itu, karena NUGRAHA SERVICE CENTER dengan system yang ada maka NUGRAHA SERVICE CENTER akan Datang kelokasi mobil yang akan di service oleh karena itu pelanggan tidak perlu repot-repot mengantri dan menunggu di bengkel lagi. Dengan ide ini kami yakin akan mampu bersaing dengan gerai-gerai bengkel yang ada selama ini. Karena kami melayani semua jenis pabrikan mobil.

3.1.3.      Jenis Produk
           Seperti yang sudah ada jenis usaha ini yang berhubungan erat dengan otomotif di bidang kendaraan mobil roda empat, Seperti :
a.      Service rutin kendaraan mobil roda empat
b.      Service Besar kendaraan mobil roda empat
c.       Painting
d.      Spare part moving part dan Modifikasi
            Namun disaat ini kami akan memusatkan perhatian kami pada service harian, besar dan sebagai tempat kursus yang terpercaya dan bermanfaat bagi orang lain. Hal yang lain akan tetap dilaksanakan namun masih belum prioritas menunggu seiring jalannya waktu dan kondisi modal kami.

·         KEUNGGULAN PRODUK

a.      Mutu NUGRAHA SERVICE CENTER standart dealer resmi
b.      Mekanik terlatih professional
c.       Melayani segala macam pabrikan MOBIL
d.      Tempat bersih dan perlengkapan tool yang komplit
e.      Mempunyai strategi pasar untuk menjaga pelanggan agar tidak pindah ketempat lain
f.        Biaya terjangkau

3.1.4.      Proses Memperoleh Barang

Barang atau part diperoleh dari toko pejualan part yang sudah besar di bandung dan dari dealer resminya kita datang sendiri dan memesan barang dengan proses kerjasama sehingga harganyapun menguntungkan keduabelah pihak

3.1.5.      Struktur organisasi

Pimpinan        :    Cecep Nugraha
Marketing      :    Dewi Andarin
Bendahara     :    Pipit Pitriyani
Mekanik         :    Indra, Apep, Dan Ilham

Untuk mekanik kita mencari orang yang sudah berpegalaman dan berkompeten melalui sleksi dan test












BAB IV
STRATEGI PEMASARAN


4.1.Penyiapan produk/jasa

a.      Memesan barang denga kualitas yang terjain
b.      Menyiapkan mekanik yang handal
c.       Memberikan layanan service yang terbaik dan terpercaya
d.      Buat suasana nyaman pengunjung dengan menampilkan kebersihan pada tempat service
e.      Layanan klaim gratis apabila konsumen kurang cocok dengan service tahap pertama
f.        Menjemput bola service antrian lewat call
g.      Menjadikan pelanggan sebagai member tetap
h.      Cuci mobil gratis setelah perawatan
i.        Bensin mobil pelanggan tidak digunakan untuk pengerjaan service
j.        Memberikan hiburan terhadap pelanggan yang sedang menunggu perawatan motor berupa TV, Koran otomotif, serta penyediaan minum atau kopi gratis bagi mereka yang mengkonsumsinya

4.2.Penetapan harga
a.      Harga produk ditetapkan 10 persen dari harga beli
b.      Harga jasa ditetapkan dari hasil survey ke tempat tempat/ bengkel lain


4.3.Strategi Promosi
a.      Pembuatan brosur
Membuat rosur yang menarik kemudian  mempromosikan ke tempatnya langsung


b.      penetapan segmen pasar
1.      Semua orang yang memiliki kendaraan mobil
2.      Komunitas / kelompok disekitar wilayah
3.      Pelajar atau mahasiswa yang hobby otomotif
4.      Pengusaha
c.       Target pasar
1.      Pengusaha
2.      Pemilik mobil


d.      Strategi penjualan

1.      Memberikan kupon karena pada tulisan kupon tersebut adalah “Service            dapat kejutan dan Uang” maka tidak menutup kemungkinan mereka           akan
menyebarkan kupon tersebut
2.      Menyebar brosur, pamflet NUGRAHA SERVICE CENTER di sekitar bengkel
3.      Bekerjasama dengan dealer MOBIL  untuk pembelian setiap Part,          memberikan service gratis  dengan syarat dan ketentuan yang berlaku
4.      Menawarkan diskon untuk suatu golongan / komunitas tertentu
5.      Membuat iklan di surat kabar dalam kota
e.      Membangun image
Dengan cara memberikan kelebihan dari produk dan jasa dan pasilitas yang memuaskan



BAB V
RENCANA ANGGARAN

5.1. ANGGARAN PRODUKSI

a.       BIAYA BAHAN
                                                                          i.      Keperluan bangkel                                                                       
o   Sperpart dan Cuci motor                                          Rp    100.000.000,00
§  system kerjasama
o   Tool set                                                                    Rp       20.000.000,00
§  3 AIR DUSTER / AIR GUN / SEMPROTAN ANGIN  Rp                18.900,00
§  3 MECHANIC TOOL KIT SET ISI 54 KUNCI             Rp         5.985.000,00
§  1 BOR ELEKTRIK RDR 10R                                     Rp            291.000,00
§  1 COMPRESSOR DOUBLE PISTON 1/2 PK             Rp         3.099.000,00
§  3 CONGKELAN BAN 10"                                        Rp             146.250,00
§  3 CONGKELAN BAN 12"                                        Rp             167.250,00
§  1 GERINDA ELEKTRIK RSG 100                              Rp             275.000,00
§  3 KUNCI BINTANG SET ISI 6PCS                            Rp             359.700,00
§  3 KUNCI L SET PANJANG ISI 8PCS                         Rp             238.500,00
§  3 KUNCI STELAN KLEP                                           Rp               30.000,00
§  3 KUNCI T 8"                                                         Rp               53.700,00
§  3 KUNCI T 10"                                                       Rp               53.700,00
§  3 KUNCI T 12"                                                       Rp               53.700,00
§  3 KUNCI T 14"                                                       Rp               53.700,00
§  3 KUNCI "T" CHROME V ANTI SLIP  8MM                        Rp               73.500,00
§  3 KUNCI "T" CHROME V ANTI SLIP 10MM           Rp               73.500,00
§  3 KUNCI "T" CHROME V ANTI SLIP 12MM           Rp               73.500,00
§  3 KUNCI "T" CHROME V ANTI SLIP 14MM           Rp               73.500,00
§  3 KUNCI TUTUP KLEP S/G/T/M                             Rp               45.000,00
§  3 OBENG KETOK + MATA 4 PCS                           Rp            468.000,00
§  3 PEMOTONG RANTAI                                          Rp             330.000,00
§  3 PRESURE GAUGE/ISIAN ANGIN + PSI SET          Rp             367.500,00
§  3 SELANG KOMPRESSOR 10M + KLEM 2 SISI       Rp             195.000,00
§  1 TANGGEM / RANGGUM 4"                                Rp             561.700,00
§  3 TANG SNAP RING ES OUT                                  Rp             128.700,00
§  3 TANG SNAP RING IS IN                                       Rp             128.700,00
§  3 TREKER MAGNET MULTI FUNGSI TYPE 1          Rp             262.500,00
§  3 TREKER MAGNET MULTI FUNGSI TYPE 2          Rp             262.500,00
§  3 TREKER MAGNET CRYPTON/VEGA                    Rp             441.000,00
B. FASILITAS
o   3 Display bike lift                                                    Rp       12.000.000,00
o   Alat-alat administrasi                                               Rp            500.000,00
o   Promosi                                                                    Rp            500.000,00
o   Computer kasir                                                         Rp          7.000.000,00
o   Membangun bengkel                                                Rp          5.000.000,00
o   Interior bengkel                                                        Rp          5.000.000,00
o   Peralatan education                                                  Rp          5.000.000,00
o   Lain-lain                                                                   Rp          1.000.000,00
o   Steam motor                                                             Rp          4.000.000,00

JUMLAH                                                                   Rp     160.000.000,00
                        Peralatan mengalami penyusutan selama 4 tahun dan memiliki nilai residu sebesar             Rp 10.000,00 dengan menggunakan metode garis lurus. Biaya penyusutan per                                     tahun = (Rp 160.000.000,00 – Rp 10000,00) : 4 = Rp 39.997.500,00 per tahun atau                               sama dengan Rp 3.333.125,00 per bulan
C.     Peralatan Modal Kerja
                                                                        ii.      Keperluan bengkel                                                    Rp    2.000.000,00
§  Oil grease
§  Bensin
§  Kain lap
§  Amplas
§  Karburator cleaner

                                                                      iii.      Promo bengkel                                                           Rp        200.000,00
§  Kupon
§  Brosure

                                                                      iv.      Keperluan lain-lain                                                      Rp       300.000,00

JUMLAH                                                                          Rp  2.500.000,00

5.2. RENCANA PENJUALAN UNTUK 1 TAHUN



a.       Pendapatan
§  Jasa                                                                                             Rp 45.000.000,00
Jasa jmlh mbl/hr income Total/bulan
Service 30 Rp 100.000,00/motor Rp 22.500.000,00
§  Sperpart                                                                                      Rp   10.000.000,00
10% dari modal Rp 100.000.000,00 Rp 10.000.000,00
_________________________________________________________________

JUMLAH                                                                                         Rp 55.000.000,00

b.      Biaya-biaya
§  Biaya perlengkapan                                       Rp 1.500.000,00
§  Biaya listrik,air, dan telpon                           Rp    400.000,00
§  Biaya perawatan tempat                               Rp    750.000,00
§  Biaya penyusutan peralatan                          Rp 1.600.000,00
§  Biaya gaji karyawan                                      Rp 5.000.000,00
§  Biaya lain-lain                                                            Rp    100.000,00
§  Biaya kerjasama tempat usaha                     Rp 1.000.000,00
JUMLAH BIAYA                                                                                    Rp 10.350.000,00
LABA BERSIH                                                                                 Rp 44.650.000,00

Rp 44.650.000x 12= Rp 535.580.000 per tahun

5.3. ANALISIS RESIKO
Resiko yang tidak terduga seperti
·         Tidak laku tiap hari
·         1 atau 2 hari tidak ada pelanggan
Jadi pendapatan bersih dikurangi untuk mengantisipasi resiko sekitar 50 persen











BAB IV
PENUTUP


1.1.KESIMPULAN

      Demikianlah proposal kami untuk memajukan dan membuka tempat kerja untuk anak bangsa. Apabila anda berminat akan proposal ini, maka akan kita bicarakan mengenai peluang kerja sama dalam bidang ini. Sebelumnya kami mengucapkan terima kasih.





1 comment: